atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Benarkah Google Berminat Akuisisi Twitter?

By Atjehcyber.net on 4/09/2015 | 20.25


San Francisco - Raksasa internet Google kembali dikabarkan tertarik untuk membeli situs mikrobloging Twitter. Benarkah?

Rumor tersebut diketahui muncul beberapa saat lalu dan terus berkembang dengan ditambahkannya berbagai opini dari para analis teknologi. Yang menarik, karena rumor ini pulalah nilai saham Twitter melonjak hingga 4%.

Meski demikian, tampaknya Twitter tidak senang dengan kabar mengenai ketertarikan Google membeli situs mikrobloging tersebut. Hal itu terlihat dari adanya laporan yang menyebutkan usaha Twitter menangkis rencana akusisi oleh Google dengan cara menyewa jasa Goldman Sachs, perusahaan investasi perbankan multinasional AS.

Rumor pembelian ini semakin melebar sementara Twitter menolak berkomentar. Demikian halnya dengan Goldman Sachs yang juga enggan memberikan respon.

Namun, jikapun benar ada usaha Google untuk membeli Twitter, hal itu akan menjadi pertaruhan besar seperti ketika Microsoft berusaha membeli Yahoo di tahun 2008 lalu. Setidaknya itulah pendapat Matt Rosoff dari Business Insider.

Di tahun 2008, kekhawatiran Microsoft atas dominasi Google yang terus melebar memunculkan ide untuk mengembangkan pesaing Google Search, apalagi kalau bukan Bing. Usaha tersebut tidak berhasil sehingga Microsoft mencoba cara lain yakni dengan membeli pesaing Google, yakni Yahoo.

Yang mengejutkan, Yahoo tidak ingin menjadi bagian Microsoft. Penolakan itu terjadi beberapa bulan sebelum ekonomi dunia ambruk dan saham Yahoo anjlok lebih dari separuh.

Karena kejadian itu pula CEO Microsoft saat itu, Steve Ballmer, merasa beruntung karena gagal membeli Yahoo.

Kejadian serupa tampaknya terjadi pada Google saat ini. Google disebut-sebut terintimidasi oleh dominasi Facebook sehingga langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah mengakusisi pemain nomor dua, yakni Twitter, setelah gagal menggunakan Google+ untuk meredam Facebook.

Saat ini, nilai Twitter mencapai US$33 miliar. Untuk bisa membelinya, Google harus merogoh kantong sangat dalam, yakni hingga US$50 miliar. Kini, hanya waktu saja yang bisa membuktikan apakah usaha Google membeli Twitter tersebut benar adanya atau hanya sebatas rumor belaka. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox