atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Cerdas Bersama Internet

By Atjehcyber.net on 4/09/2015 | 20.28


New Haven - Tahukah Anda bahwa akses ke internet membuat kita merasa lebih pintar dibanding kemampuan yang sebenarnya? Dalam sebuah studi yang dilakukan Universitas Yale terungkap efek psikologis dari mesin pencari internet.

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang mencari jawaban atas suatu pertanyaan di internet akan merasa lebih percaya diri mengenai suatu topik.

Mengutip TechTimes, para peneliti melakukan sembilan eksperimen dengan beragam tema yang diikuti lebih dari 1.000 orang.

Para peneliti lalu membagi para peserta ke dalam dua grup. Mereka semua lalu diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti ditanyakan bagaimana cara kerja ritsleting.

Satu grup diizinkan menggunakan internet, sementara grup yang lain tak diperbolehkan untuk mengakses internet.

Berdasarkan laporan dari penelitian ini, terbukti bahwa para peserta yang berada dalam grup yang diperbolehkan untuk menggunakan internet merasa bahwa mereka dapat memberikan jawaban yang lebih baik daripada mereka yang berada dalam grup tanpa internet.

"Efek kognitif karena diperbolehkan mencari jawaban di internet mungkin begitu kuat, sehingga orang-orang tetap merasa lebih pintar bahkan jika hasil pencarian yang mereka lakukan tidak memberikan jawaban yang memuaskan," ujar tim peneliti.

Inspirasi untuk melakukan percobaan tersebut datang setelah Keil kehilangan akses ke Internet selama badai. Dia juga telah mempelajari generasi muda yang tumbuh dengan memiliki Google akses 24/7.

Para peneliti lalu menyimpulkan, "Mencari penjelasan mengenai suatu topik secara online akan membuat seseorang merasa bahwa pengetahuan mereka mengenai topik tersebut telah meningkat." [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox