atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Website Pemerintah Paling Sering Diserang Hacker

By Atjehcyber.net on 5/03/2015 | 19.45



Situs web milik pemerintah Indonesia dengan nama domain Internet .go.id menjadi target yang paling banyak diserang oleh peretas di dunia maya, dibandingkan dengan domain-domain lain.

Lembaga Indonesia Security Incidents Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) mencatat pada tahun 2014 lalu ada 3.288 insiden serangan terhadap situs pemerintah dengan domain .go.id.

"Domain pemerintah Indonesia sangat sering diserang, dari 12.088 insiden serangan ke situs web tahun lalu," ujar Ketua ID-SIRTII, Rudi Lumanto dalam diskusi soal keamanan siber yang digelar Virtus Technology Indonesia di Jakarta, Kamis (30/4).

Secara total ID-SIRTII mencatat ada 48,4 juta serangan siber yang melanda Indonesia tahun 2014 lalu. Serangan tertinggi terjadi pada bulan Agustus dengan 18 juta serangan.

Serangan dalam bentuk program jahat atau malware masih mendominasi, sekitar 12 juta serangan, pemanfaatan masuk ke celah keamanan dengan 24.168 serangan, record leakage 5,970 kasus, pengelabuan 1.730 kasus, serta domain leakage 215 kasus.

Dunia yang serba terhubung dengan Internet, menurut Rudi, menimbulkan ancaman baru berupa serangan dari global yang harus ditahan oleh lembaga lokal.

Rudi menilai Indonesia membutuhkan badan khusus untuk mengatasi masalah serangan siber yang terus meningkat di tengah tingkat kesadaran masyarakat yang rendah. Ia menilai rencana pemerintah membentuk Badan Siber Nasional sudah tepat dan harus segera direalisasikan.

Menurut data ID-SIRTII dan Anubis, Indonesia tercatat sebagai negara yang paling banyak menerima serangan malware, dengan persentase 26,27 persen dari total serangan malware di dunia.
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox